Roadtrip Eropa Edisi Keluarga Kecil Semua Bahagia

Bulan Mei adalah bulan yang ditunggu Katya dari bulan Juni tahun lalu, soalnya dia ulang tahun dan udah inget bakal dapet banyak hadiah. Salah satunya adalah jalan-jalan ke Disneyland. Nah tapi biar gak mubazir juga waktu tinggal di sini yang tinggal setengah tahun lagi, sekalian deh kita bikin trip buat seminggu aja.

Dimulai dengan bismillah dan langkah tegap berwibawa dari Hamburg, jalanlah kami ke hub utama kami di Eropa, Amsterdam. Karna ada temen sih disana, jadi bisa istirahat sehari sambil main-main.


Setelah habis terang, kami berjalan lagi ke arah Disneyland! Sambil transit di Brussel buat istirahat sama isi perut, enaknya banyak taman dimana-mana, jadi tinggal beli wafel terus makan di pinggir danau kota juga udah asik hihi.

Dan tiga jam kemudian kita udah sampai di area sekitar Disneyland. Btw tol di Prancis ini kayak di Indonesia, harus bayar, tapi mostly pake kartu aja, jadi gak antri panjang jauh karna terminalnya bejibun dan cepet banget transaksinya.


One full day dong pastinya di Disneyland. Alhamdulillah Mischa juga udah ngerti, jadinya rasanya gak rugi-rugi amat kayak tahun lalu yang cuma Katya yang main hihi. Disneyland ini kalo bawa anak gak usah ambisius mau dua taman sehari sih, satu taman aja gak habis.


Another blink of an eye – kita mampir ke Auxerre sebelum stay lagi di Avallon. Kota kecil di sisi tenggara Prancis, karna sesungguhnya mau langsung ke Swiss kejauhan. Plus sekali jalan sama anak-anak gini maksimal 3 jam kayaknya sebelum mereka bosen dan nanya “are we there yet?” setiap tiga menit sekali.

Masuk Swiss, langsung deh rasanya sejuk banget pas nyetir. Jalanannya lewatin gunung-gunung, pake background pemandangan Alpen, keluar masuk area peternakan sapi, jadilah tadinya cuma mau ke satu kota dijadiin tiga kota disini. Ada Bern yang paling memorable kayaknya buat Mischa karna di tengah kotanya ada beruang yang hidup bahagia di kandangnya di pinggir sungai Aare. Airnya biru jernih banget loh sungainya – kapan bisa Ciliwung kayak gitu ya.


Di Lucerne kita naik ke Mt. Pilatus yang bukan kenapa-kenapa tapi papanya ini gak bakal sanggup ajak mereka naik gunung. Jadi mumpung ada gondola yang naik ke atas – sekalian jadi pengalaman gimana rasanya ada di puncak gunung salju. Penutupnya Zurich, yang metropolis isinya mas-mas pake jas semua. 


Strasbourg, kota di timur Prancis yang ada di perbatasan sama Jerman. Dulunya sempet juga jadi bagian Jerman. Sayangnya gak lama disini karna Katya udah pengen berenang di Luxemburg. 

Oh ya, tipsnya carilah destinasi yang juga kesukaan si anak, misalnya kolam renang, atau zoo. Niscaya mereka kasih bonus nanya “kapan sampe?” satu jam lebih lama dari waktu standar anak-anak sedunia.

Dan hari ini sampailah kami di Ohey. Kota yang kalo nyebut namanya pengen pake intonasi dan tanda seru di belakangnya. Nginep terakhir di hotel kecil yang sekaligus juga farm Kuda. Sambil istirahat sebelum jalan santai ke Amsterdam lagi besok.


Sekitar 3.000 kilometer total, 3-4 jam di jalan per hari. Tapi jalanan lancar jaya karna hampir semua tol – kecepatan di tol rata-rata 120, kecuali tol Jerman yang unlimited jadi bisa sampe 150, atau 300 kph juga bisa sih kalo tripnya pake Porsche. 

Kalau ada yang mau coba pake SIM international bisa kok, tinggal sewa mobil aja pas kesini pake leasing yang banyak di Airport. Biasanya buat seminggu sekitar 300€ sewanya.

Tapi jangan lupa belajar peraturan lalu lintas disini karna kalo lewat speed limit aja misalnya, sekali kena bisa minimal 30€ dendanya. Dan kamera pemantaunya ada dimana-mana. Jangan lupa cek kondisi mobil sama bensin juga, susah kalo misalnya masalah di lokasi puncak gunung di Swiss misalnya. Walaupun banyak dan gampang juga manggil derek kalau ada apa-apa, catet nomer pentingnya semua biar ada pas butuh.

Mungkin sebelum pulang mau coba satu rute lagi ah Spanyol selatan ke Portugal 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s