Roadtrip Amsterdam Brugge

Hello Brugge! Hari ini kita roadtrip dari Amsterdam ke Brugge. Yang agak menyesal sih tektok karna bagus banget kotanya. Kecil, berkanal kanal, yang bangunannya udah dari tahun 1600 an. Klasik banget plus banyak kanal yang bikin dia dibilang Venice of the North. Sayangnya lagi winter jadi gak bisa tur kanal karna sungainya pada beku.

Perjalanan dari Amsterdam sendiri ke Brugge sekitar 3 jam plus minus, pakai tol ke Antwerp, lanjut jalanan non tol, yang tetep bisa 120 kph juga sih sebenernya, sampai ketemu si kota kecil cantik nan rupawan ini. 

Seru abis hari ini kita pake mobil Opel Vivaro yang muat 9 orang, dan mobil ini masih compatible sama SIM A Indonesia juga, jadi pilihan bagus sih walau kalo belum pernah agak canggung di awal-awal bawanya. Deg-degan pas masuk parkiran indoor, tapi aman kok asal diatas 2 meter tinggi parkirannya.

Buat yang mau coba pesen mobil ini, di Amsterdam Schipol Airport ada beberapa yang bisa pinjemim. Walau akhir tahun kemaren kita sempet coba pinjem Europcar tapi habis. Kemaren kita pinjem di Sixt, dan kayaknya fi parkirannya mereka punya 5-6 mobil 9 seater begitu. Harganya kayaknya sekitar 80an per hari.

Ah bagusnya lagi kota ini dikit banget mobil yang masuk, hampir semua parkir diluar kota, terus naik bus ke centrum. Kita parkir mobilnya kemaren di Central Stationmya, yang dari situ jalan ke central sekitar 20 menit, atau 10 menit pakai bus – yang tiketnya 7.2 euro buat satu grup 9 orang.

Brugge sendiri, khusus bagian city centrenya, udah termasuk warisan budaya Unesco. Saking menariknya kawasan ini, udah banyak penakluk yang datang buat bangun kotanya, dari Julius Cesar, diambil sama orang-orang France, terus conquer lagi sama Vikings – dalam periode sampai abad ke 10. Jadi bangunannya juga lucu-lucu, bagus-bagus, dan kerennya masih terjaga kualitasnya plus bersihnya. Seneng deh pasti liatnya.

Penduduknya sekitar 20 ribu orang di city centernya, jadi relatif kecil, tapi ya artistik, banyak yang bisa difoto, banyak juga yang bisa dicoba kayak canal trip atau keliling kota naik delman Belgia. 


Makanannya yang mendukung apalagi, enak banget buat jalan kaki sambil beli wafel anget pake Maple Syrup, plus nyeruput coklat anget. 

Pokoknya yang mau ke Eropa liburan harus diusahain kesini sih!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s