(Beberapa) Pilihan Wisata Keluarga Asik di Belanda

Walaupun kami tinggal di Jerman, tapi setahun kemarin kayaknya sekitar 5 kali kami main ke Belanda. Gak terlalu jauh sih sebetulnya dari Hamburg, karna naik pesawat sendiri cuma 45 menit kurang lebih waktu terbangnya – tapi kalau naik kereta lumayan juga sih gempor sekitar 5 jam.

Kenapa sering amat main ke Belanda? Banyak sekali alasannya yang kalau ditulis satu-satu disini bakal jadi satu posting sendiri. Tapi yang pertama adalah banyak orang Indonesia disitu, jalan sedikit denger orang ngomong bahasa Indonesia, jalan dikit lagi ada yang ngomong bahasa Jawa, jadi kangen sama Indonesia nya agak terobati – plus tentunya karna banyak orang Indonesia, banyak juga temen kami yang tinggal disana, jadi sekalian jalan-jalan sekalian temu kangen sama temen-temen.

Yang kedua, orang-orangnya ramah dan baik-baik. Salahsatu negara yang orangnya paling friendly kayaknya selama kami jalan-jalan ke beberapa kota di Eropa. Plus faktor bahasa Inggris yang hampir semua orang khususnya di Amsterdam bisa, bikin komunikasinya juga makin enak sama orang-orang disana.

Walau mahal, transportasi disana juga gampang, mau kemana-mana ada bus sama kereta yang bisa dipake. Tapi setelah beberapa kali kesana, menurut saya yang paling enak buat wisata keluarga itu sewa mobil sih. Jadi kita sampai Schipol, kita ambil mobilnya dari tempat rental, jalan-jalan beberapa hari, pas pulang mobilnya kembaliin lagi ke tempat rental di Schipol. Harganya juga relatif reasonable, gak jauh sama sewa mobil di Indonesia – sekitar 30 euro per harinya. Tapi hati-hati karna walaupun SIM Indonesia bisa dipakai buat sewa mobil, harus ngerti peraturan nyetir di Eropa. Terlalu cepet sedikit aja di jalan tol, bakal ada tagihan datang ke rumah buat bayar denda – karna mereka punya banyak kamera yang bisa deteksi kalau kita nyetir kecepetan.

Oke, balik ke topik sesuai judul, berikut beberapa tempat yang menurut saya menarik buat dikunjungi bareng keluarga di Belanda. Mungkin belum semuanya ter-cover disini tapi lumayan oke kayaknya buat jadi referensi kalau mau main kesana.


Yang pertama namanya Giethoorn, satu kota di arah timur dari Amsterdam, yang buat kesana pakai mobil sewaan kira-kira butuh waktu sekitar satu setengah jam. Tempatnya kecil tapi cantik banget, semua transportasinya pakai boat, jadi mobil harus di parkir di pinggir-pinggir area Giethoorn-nya. Waktu itu kami gak nginep sih, jadi habisin waktu disana buat makan, plus sewa perahu buat jalan sekitar 1 jam keliling kanal-kanal plus danau disana.


Kedua, ada juga namanya Madurodam – yang lokasinya deket The Hague atau sekitar 45 menit naik mobil dari Amsterdam. Disini kita bisa liat miniature park yang gede banget, tapi outdoor – jadi kalo bisa kesananya jangan pas winter kayak kami dulu yang bikin badan agak-agak masuk angin. Bagus banget karna detail semua bangunan yang dibikin miniaturenya, dan interaktif – jadi banyak yang bisa jalan orang-orangnya, atau misalnya truk mini yang ada di bangunan. Gak kerasa deh pasti 2-3 jam disana bareng anak-anak.


Efteling! Yang semacam Disneyland di Belanda. Lokasinya agak jauh sih di selatan Amsterdam, bisa naik kereta atau sekitar 1.5 jam naik mobil. Tamannya dibangun dari tahun 1952 dan dua kali lebih besar dari Disneyland California (kalo kata wikipedia). Katya sih suka banget disini karna ada menara rapunzelnya, plus makhluk-makhluk dongeng yang ada di cerita-cerita yang dia baca.


Buat yang suka foto keluarga, pastinya Volendam bisa dikunjungin. Gak terlalu jauh, sekitar 40 menit perjalanan mobil atau satu jam leeat transportasi umum.

Segitu dulu deh ya per hari ini. Ada beberapa tambahan di update berikutnya!

Advertisements

One Comment Add yours

  1. desywu says:

    Thank you infonya. Nanti kalau berkesempatan ke Belanda lagi bisa jadi pilihan jalan-jalan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s