Koi Katya: Bikin Kolam plus (mulai) Pelihara

  
Udah dari lama Katya seneng banget sama yang namanya ikan, ngasih makan pastinya suka, ngeliat orang nangkep juga seneng tapi kalo nangkep sendiri masih belum sih, tapi ya biasanya paling kesampean kalo gak pas pergi ke restoran Sunda, yang memang biasanya makan di saung diatas kolam, atau pas lagi ke rumah temen atau saudara yang ada kolamnya.

Setelah nabung lumayan lama, plus membulatkan hati, akhirnya di halaman yang udah agak sempit ini kita coba bikin kolam kecil. Sekitar 2.5 x 1.3 kira-kira dimensi kolamnya – cukup lah buat Katya mandi kalau lagi pengen berenang disitu kayak gambar dibawah ini haha.

  
Vendor yang dipakai memang biasa bikin kolam dari daerah Sawangan sana, jadi terima beres dengan biya sekitar 800 ribu per meter. Seminggu lamanya si abang ngegali tanah, nyusun bata, nge beton kolam, pasang batu, sampai masang kelistrikan si pompa kolamnya. Lumayan seru juga sih liat progressnya.

Paling yang harus diperhatikan, khususnya kalau mau pelihara ikan mas atau koi, sistem filternya – bisanya harus kita tentuin sendiri mau yang kayak apa sesuai kebutuhan. Banyak browsing aja, bisanya dibikin chamber-chamber buat dikasih beberapa media filter. Kalau airnya bersih, ikannya pasti sehat gak gampang mati.

Setelah satu minggu direndam air, belum boleh diisi ikan karna masih bau semen, akhirnya kemarin mulai kita isi ikan! Inilah beberapa ikan Katya yang sebenernya dia kasih nama satu-satu tapi susah juga ngingetnya hihi.

Semoga awet dan tahan lama ya ikan-ikan Katya!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s