Bermain Bersama Katya: Topeng Ekspresi

Edisi tips main ala Katya jaman muda dulu. Rencananya nanti satu-satu dibikinin kayak gini sampe bisa jadi free pdf book kalau udah dapet 10 topik hihi.

Reading facial expressions isn’t the be-all and end-all of social intelligence. People rely on a variety of information to understand other individuals, including tone of voice (Paulmann and Uskul 2014), body language (Aviezer et al 2012), and contextual cues (Aguert et al 2013).

Jadi ternyata kalau menurut jurnal dan buku yang saya baca (dengan background engineer ya jadi mungkin gak dalam juga pengetahuannya terkait hal-hal psikologis gini), kemampuan untuk mengerti dan mengeluarkan ekspresi wajah itu penting buat mengembangkan kecerdasan sosial anak. Yang emang relevan sampai dunia kerja sih fakta bahwa mereka yang ekspresif biasanya memang lebih menarik kalau cerita atau presentasi, yang pastinya relevan juga pas dia kecil bisa jadi anak yang lebih atraktif untuk teman-temannya dibanding mereka yang cenderung lebih pendiam dan kurang berekspresi.

Nah mainan ini bantu kita buat ngajarin anak tentang ekspresi, ada apa aja sih ekspresi itu (yang dasarnya antara lain senang, sedih, takut, kaget, marah, kesal – ini namanya Paul Ekman’s base expressions). Jadi si anak bisa diajak buat mengikuti ekspresi yang ada di topengnya ini, atau sekedar nebak ekspresi apa sih yang ada di topeng yang ditunjuk. Untuk anak yang lebih besar bisa juga disuruh menjelaskan, misalnya yang keluar si ekspresi kesal – kenapa sih dia kesal? Misalnya karna gak boleh pinjam mainan sama temannya. Atau dibalik, kita kasih situasinya, biar mereka yang tebak ekspresi apa yang pas, misalnya kalau dikasih hadiah sama papa baik hati yang baru pulang dari business trip hihi.

Bahan simple, bikinnya juga gampang. Okelah buat nemenin waktu main sama anak.

Sourcenya semua dari instagram @retioktania, si rajin, as usual.

Selamat mencoba!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s