Rubella: Oh No!

on

Jumat minggu lalu, say memang pulang agak cepat, karna sudah hampir seminggu keluar kota untuk kegiatan dinas. Rencananya mau Jumat sorean sama Katya dan mamanya – eh iya ada kok kayaknya ceritanya di post beberapa hari lalu.

Nah sebelum taksi dateng, mbaknya Katya bilang, 

“Agak panas pak Katya”

Tapi pas di rasa panasnya gak ekstrim (feeling sih, gak pake termometer), dan anaknya asoy geboy aja ya udah kita tetep jalan deh. Jumat yang menyenangkan, apa sih yang gak menyenangkan kalo early weekend gitu haha.

Masalahnya baru kelihatan Minggu nya, sore lagi, pas Katya ganti baju kok badannya merah-merah bintik-bintik. Trauma juga sih dulu pernah Roseola.

Senin pagi. Makin parah deh. Si nona mida udah sampai ke muka merah-merah. Siangnya dibawa ke dokter, ternyata Rubella. Waduh.

 

Rubella dikenal juga dengan nama German Measles, yang konon dulunya penyakit yang menyeramkan tapi semenjak ada vaksinnya, jadi penyakit yang hanya sesekali muncul khususnya di anak dan dewasa muda (ini papanya juga harus hati-hati berarti haha).

Symptoms penyakit ini adalah demam, tapi gak panas banget sih kemaren Katya 1-2 hari sekitar 38 suhunya. Nafsu makan berkurang, walaupun tetep sangar kalo diajak main di PlayParq. Setelah itu bakal muncul bintik-bintik di badan diikuti bintik di muka. 

Virusnya menyebar lewat udara, atau bisa juga kalau kena batuk atau bersin Katya yang lagi sakit gini.

Yang ngeri adalah kalau mamanya ketularan, karna bahaya buat ibu hamil. Rubella nya bisa menular ke si janin lewat darah si ibu. Alhamdulillah sih sudah di vaksin sebelum hamil. Doain lancar dan sehat ya mama sama si bayinya 🙂

Oh iya yang anaknya belum di vaksin, atau bahkan mama papa nya belum di vaksin, kayaknya bisa jadi salahsatu prioritas juga nih, khususnya buat yang wanita sih ya karna bahayanya agak ekstrim buat ibu hamil.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s