Interaksi Katya Dengan Strangers

Beberapa bulan yang lalu, kayaknya Katya masih ada dalam masa dimana dia gelisah kalau papa atau mamanya gak ada buat nemenin dia. Mau itu main di playground, pas diajak ngobrol sama orang baru, ataupun pas seminggu pertama mulai sekolah misalnya. Walaupun gak parah-parah amat juga sih, masih mau salam ke orang baru kecuali yang keliatannya sangar dan intimidating (semacam tadi siang sama Sidhikara hihi).

Kalau saya gak salah (tapi ingatan saya buat hafalan begini dibawah standar ya, terbukti dulu SPMB biologi salah 6 dan cuma bener 2), seharusnya sih terkait sama interpersonal skill si anak ya, walaupun di satu sisi juga yah namanya anak umur 2 tahun hehe. Yang pasti ada sih hal-hal yang kita merasa bisa dikembangkan dari sisi social communication, atau kurang lebih kemampuan individu untuk menggunakan proses komunikasi dalam menjalin dan membangun hubungan interpersonal yang sehat. 

Caranya, berdasarkan diskusi mama nya sama guru nya di playgroup, Katya dikenalkan dengan lebih banyak teman diluar kelasnya. Selesai sekolah (playgroup aja sih cuma main-main sambil nyanyi-nyanyi), dia diajak main bareng di playground, sambil ketemu orang baru. Diajak ke tempat mainan, dia yang harus beli koinnya sendiri bilang ke penjaganya. Kalau lagi main, mama papa nya melipir biar dia main sama temen-temennya.

Hasilnya cukup membanggakan sih, tadi sore di lift pas dia ditanya sama mbak-mbak yang baru ketemu,

Mau ke mana nih adik cantik?”

“Aku mau ke kantor … Jemput mama … Ini sudah sampai nih” jawaban yang walaupun agak abstrak, tapi suaranya lantang, mukanya gak keliatan takut, dan langsung keluar tanpa jeda mikir. Hebat euy.

Sisi lain perkembangan Katya si balita. Yang selalu menarik dan bikin bengong papanya.



Katya kalau bayar sendiri di supermarket



Kemaren juga pertama kalinya nyanyi pelangi-pelangi di depan pesta ultah temennya.


Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s