Candi Diatas Bukit – Ratu Boko

2015/01/img_1073.jpg

2015/01/img_11011.jpg

Candi Ratu Boko ini adalah rangkaian dari wisata candi Jogjakarta. Lokasinya kurang lebih 3 km dari candi Prambanan. Belum banyak yang tahu dan berkunjung sih tapi sebetulnya oke loh tempatnya.

Pertama, lokasinya diatas bukit, jadi darisana kita bisa lihat kebawah ada hamparan sawah, pemukiman, plus candi Prambanan yang menjulang tinggi. Lebih enak lagi sambil duduk di restonya yang relatif murah untuk ukuran di tempat wisata, contohnya sup asparagus 12.000 rupiah.

2015/01/img_1055.jpg

Kedua, candinya sebetulnya gak banyak batunya kayak Prambanan dan Borobudur, tapi luas banget hamparan rumputnya. Cocok buat main-main lari-lari bawa balita kayak Katya.

Ketiga, buat yang suka teori sejarah, ada versi teori yang bilang konon ratu Boko ini adalah ratu Saba di jaman nabi Sulaiman. Makanya candinya ada bagian yang hilang karna dipindahkan oleh tim sang Nabi di salahsatu kunjungan ratu tersebut ke istana Sulaiman. Bagian ini saya gak gitu ngerti sih tapi menarik juga argumen yang pakai nama Wonosobo yang kurang lebih artinya Hutan Saba dan wilayah Sleman atau Sulaiman buat background argumennya 🙂

Jadi, sambil ke Prambanan sih layak banget buat dikunjungin. Katanya lebih baik kalau sunset, tapi harus bawa mobil sendiri karna shuttle dari prambanan cuma ada sampai jam 15.00.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s