Virus dan Demam: Kasus Balita 3 Tahun

Katya beberapa kali memang pernah kena demam atau sekedar batuk pilek, tapi apa yang terjadi Jumat lalu itu extraordinary, dan lumayan ngasih banyak pelajaran khususnya dalam hal kesehatan balita.

Pagi-nya Katya sudah mulai nunjukin tanda-tanda gak sehat, tapi ya panasnya masih belum terlalu ekstrim, baru di siang naik drastis sampai 40.2 derajat. Otomatis karna diatas 39 (rule of thumb yang lumayan berlaku secara luas di kalangan papa-papa muda Jakarta), langsung dibawa ke Rumah Sakit langganan yang juga deket rumah, Kemang Medical Care.

Agak susahnya Katya ini karna dia gak mau minum obat, mau apapun rasanya, merk nya. Pokoknya dia udah wanti-wanti “Papa tolong bilangin dokter aku ga mau obat dari mulut”. Nah buat kasus kayak gini ada solusinya, bisa pakai Parasetamol merk Dumin yang dikasih dari saluran pembuangan, dan di kasus Katya lumayan efektif. Jadilah setelah dikasih obat dan turun panasnya, kami pulang ke rumah.

Walau siangnya masih sempet syuting video Pinokio (walau seadanya – ada lho di blog ini juga mungkin posting dibawah dikit), ternyata sorenya serangan panas dari negeri api datang lagi. Dan kayak tadi siang sampai 40 lagi. Akhirnya masuklah kembali Katya ke UGD, dan kali ini kami putuskan untuk dirawat aja, takutnya nanti naik lagi ke level 40 di rumah kan susah juga tindakannya. Btw menurut beberapa literatur kalau sampai 42 udah mulai bahaya merusak otak, makin ngeri deh.

Akhirnya long weekend kami jalani bersama di KMC, karna dilihat juga hasil test lab darahnya buat mastiin Katya gak kena DBD atau Typhoid, dan itu baru bisa ketahuan setelah 2 harian dari panas mulai terasa. Alhamdulillah negatif, tapi memang trombositnya turun ke 130 ribuan, karna serangan virus yang sayangnya sampai keluar Minggu sore masih misterius.

Nah sekarang sih udah perawatan jalan aja di rumah, karna Katya nya juga kayaknya lebih nyaman di rumah, plus kondisinya sudah jauh lebih baik dari sebelumnya. Walaupun badannya kayaknya masih perang lawan virusnya sih masih panas sekitar 38.

Nah jadi pelajarannya yang didapat dari tragedi panas anak ini, buat kami khususnya, siapkan Dumin 125 mg buat anak yang bisa dibeli 15 ribu rupiah per tube di apotik, buat jaga-jaga kalau panasnya diatas 39. Kalau diatas 40 dan gak turun mendingan langsung dirawat di RS. Sementara kalau dibawah 39, rasanya biar ditahan dulu obatnya biar si tubuh anak bisa membunuh virus yang datang menginfeksi.

Doain ya midah-mudahan cepet sembuh 🙂

/home/wpcom/public_html/wp-content/blogs.dir/e1c/68121272/files/2014/12/img_0843.jpg

Advertisements

3 Comments Add yours

  1. arninta says:

    get well soon katya, beberapa bulan lalu raya jg sempet panas sampe 40 lsg dikasi dumin..ga kebayangklo ga ada itu :(a

  2. yunitadwih says:

    semoga lekas sehat ya adek cantikk 🙂

  3. Harimuji says:

    Terimakasih ya semua – mohon doanya 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s