Petualangan Katya si Toddler (2-3 tahun) di Kidzania

Selamat pagi, sudah betul-betul lama banget kayaknya blog ini vakum dari tulisan baru. Maklum akhir tahun banyak target kerjaan yang harus dikejar 🙂

Nah karna udah sampai di liburan natal, dan kebetulan Reti lagi hamil jadi gak bisa ambil liburan yng pake perjalanan udara, akhirnya hari ini kita ajak Katya ke Kidzania. Lokasinya di Pacific Place, Jakarta. Kalau pakai kendaraan dari arah Bandung atau Bekasi masuk aja ke Tol Dalam Kota keluar di gerbang Semanggi.

Karna pas tanggal 25 Desember, artinya hari libur, tarifnya 100 ribu buat toddler, anak diatas 4 tahun 200 ribu, dan dewasa juga 200 ribu. Lumayan juga ya cepet ngempesin dompet haha, yah sekali-sekali akhir tahun okelah. Tapi kalau mau yang lebih hemat (dan lowong pastinya), coba ambil hari biasa senin-kamis yang harganya kalau gak salah kira-kira setengahnya.

Isinya sendiri kurang lebih kayak kota untuk anak-anak. Seneng banget deh bayanginnya kalau 25 tahun yang lalu ada model kayak gini di Bandung 😛 isinya ada mulai mainan jadi pemadam kebakaran, jadi pemotong rambut, jadi pengisi bensin, sampai profesi ajaib kayak scientist salahsatu produk minuman. Konsepnya kita akan dikasih waktu kurang lebih 4 jam untuk mainin mainan apa aja yang ada disana, dimana satu roleplay kurang lebih 15-30 menit waktunya.

/home/wpcom/public_html/wp-content/blogs.dir/e1c/68121272/files/2014/12/img_0832-0.jpg

Ini contoh roleplay anak jadi pemain drama, judulnya pinokio yang kemaren tayang di theater KidZania, keren banget Katya aja sampe gak mau keluar dari theaternya buat nonton.

Nah sayangnya, dibalik serunya kidzania ini kalau yang masuk toddler gak banyak yang bisa dimainin. Karna umumnya minimal untuk 4 tahun keatas. Jadi misalnya Katya agak kecele karna pengen jadi pengisi bensin gak boleh karna belum 4 tahun, lihat di arena juga gak boleh. Ada sih mainan yang khusus buat toddler tapi terbatas untuk nonton theater, baca buku perpustakaan dan puzzle, masak-masak, dan menanam pohon.

Yah karna segala keterbatasan yang ada akhirnya agak sayang sih waktu 4 jam disana, mainannya soalnya itu-itu aja. Mungkin kalau boleh usul bagian yang memang kosong gak ada yang main bisa untuk toddler ikut lihat aja atau duduk kali ya – siapa tau suatu hari Kidzania baca juga blog ini 🙂

So kesimpulannya, kalo menurut pengalaman hari ini sih buat yang punya anak 4 tahun keatas kalau diajak main kesana bakal menyenangkan banget, mainannya bagus-bagus, tempatnya rapi dan bersih, konsepnya jelas, dan bisa mengakomodir banyak hobi si anak (sekaligus juga coba hobi baru, misalnya jadi pemain teater? atau jadi pemadam kebakaran?), bonusnya kalau bisa hari biasa, senin-kamis tepatnya, pasti lebih seneng pasti papa mamanya karna lebih murah hehe. Sayangnya kalau untuk yang punya toddler, atau anak usia dibawah 4 tahun, mending uangnya ditabung dulu aja tunggu sampai anaknya 4 tahun, karna cuma bisa main sekitar 3 permainan aja, jadi agak mubadzir uang masuk (anak plus ortunya pasti kan), plus anaknya juga jadi mupeng karna pengen ini itu tapi gak bisa karna umurnya memang belum terakomodir disana.

 

/home/wpcom/public_html/wp-content/blogs.dir/e1c/68121272/files/2014/12/img_0835.jpg

 

Ini contoh mainan untuk dibawah 4 tahun, menanam bunga melalui sarana pasir, pot, dan sendok pasir.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s