Perkembangan Emas Memori Balita dan Pengaruh Film Frozen :)

Kalau saya tidak salah mengingat, berdasarkan hasil obrolan selintas dengan istri saya yang seorang sarjana psikologi, kemampuan emas perkembangan otak anak itu terjadi di umur 2-5 tahun (kalau ada yang tahu lebih detail feel free buat comment atau kirim saya artikelnya ya). Dimana di usia itu sinaps-sinaps yang ada di otak membangun koneksi satu sama lain dengan sangat massive.

Sebetulnya tadinya itu cuma sekedar pengetahuan tambahan, tapi apa yang terjadi beberapa minggu belakangan ini di perilaku Katya (anak saya umur 2 tahun 4 bulan) bikin mikir dua kali juga sih bahwa periode itu selayaknya bikin kita lebih hati-hati ataupun kalau lebih baiknya sih bisa manfaatkan dengan baik buat make sure perkembangannya bisa diarahkan maksimal di periode ini.

Nah kejadiannya yang pertama, kita kemarin main ke Lembang Floating Market, dimana disana ada tempat buat si anak lari-lari kasih makan kelinci, penjaga tempatnya ngasih Katya beberapa batang wortel untuk makanan kelinci disana. Walaupun Katya masuk sama mamanya yang nemenin (papanya gak ikut ke dalem karna bisa foto pake lensa tele, dan yang paling utama karna orangtua masuk harus bayar juga 20 atau 30 ribu, kayaknya cukup seorang aja yang ikut kalo gitu :P), tapi datanglah sebuah masa dimana tiba-tiba si kelinci melompat dan menyergap Katya (dramatis ya – oke tolong lupakan), datanglah sebuah pemandangan dimana Katya yang udah kasih wortelnya ke kelinci, ambil balik wortel yang udah dimakan sebagian oleh si kelinci dan masukin wortel itu ke mulutnya, digigit, dan dikunyah – tinggallah si mama Katya yang melongo dari jarak beberapa meter karna lagi sibuk ngejar kelinci juga tanpa pernah mikir anaknya bakal bertindak unyu begitu. Well, itu sebetulnya ada di salahsatu adegan film favoritnya, Frozen, dimana Kristoff selalu berbagi wortel dengan Sven, rusanya.

KristoffKristoff dan Sven rusanya di film Frozen

Kejadian berikutnya adalah, di suatu siang yang indah di hari Sabtu, saya si papa Katya yang lagi menikmati setengah atau satu jam tidur siang, tiba-tiba kebangun karna ada balita dua tahun yang duduk diatas perut sambil tangannya buka mata kiri papanya dan berkata “Papa, do you wanna build a snowman?” seperti princess Anna yang bangunin kakaknya yang adegannya muncul di 2 menit pertama film Frozen.

Nah itu cuma dua dari beberapa contoh lain yang bikin saya yakin memori anak-anak balita ini luar biasa, sampai adegan-adegan kecil dan detail di film Frozen yang mungkin dia tonton kayak 30 kali sampai sekarang bisa dia inget. Untungnya yah walaupun konyol masih masuk akal apa yang dia inget dari filmnya, kebayang kalau dia nonton film-film yang banyak adegan ‘dewasa’ nya yang sayangnya kontrolnya belum maksimal di TV non-berbayar di Indonesia ya.

Tapi sisi positifnya, setelah ngeliat ini, semakin banyak video yang bisa dibuat buat Katya, yang isinya edukatif atau ingetin moments yang positif biar dia inget dengan baik message yang ada di baliknya 🙂

Advertisements

2 Comments Add yours

  1. QQ says:

    Confirmed Qi! Kejadian yg sama dengan Kyogi (2yrs 1mo). Berhub Papaanya gila bola, jadilah Kyo ketularan dan maunya nonton Capt. Tsubasa melulu dan dia hapal adegan2 dalam film tsb in details.

    1. harimuji says:

      Siap-siap aja Q nanti dia mungkin tiba2 lagi lari-lari di pantai narik ban kayak latihannya Hyuga 😛

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s