Benarkah Bayi Bisa Berenang Secara Alami?

Waktu Katya masih kecil, saya banyak mendengar orang yang berpendapat bahwa bayi itu punya reflek berenang, dan sebelum lupa lebih baik dari kecil diajak berenang. Pendapat yang lumayan banyak beredar di Indonesia, yang ekstrim bilang bayi dilempar juga bisa kok survive di air.

Nah selama dua tahun ini saya dan Katya tentunya punya beberapa pendapat tentang hal ini, secara teori yang saya baca di beberapa website semacam babycentre (detailnya lupa karna udah lama), mengatakan bahwa betul bayi itu punya reflek bawaan lahir terkait dengan menahan nafas di dalam air, tapi kondisi badannya (khususnya dibawah satu tahun) belum memungkinkan bayi dibawah satu tahun buat bertahan lama di air, kalau kelamaan takutnya banyak air yang masuk ke mulut dan hidung yang akhirnya malah bahaya, yah namanya juga air kolam.

Tapi karna kita sering berenang, yang saya lihat di umur dua tahunan anak-anak ini udah mulai bisa nahan nafas secara sadar. Beberapa yang ekstrim malah baru setahun udah bisa, kata bapaknya sih karna sering dilatih nyelup di air, jadinya refleknya kebentuk.

Kalau kasus Katya, awalnya dia gak suka menyelam, dan emang gak bisa juga sih. Tapi dia suka sekali main air, yah paling di kolam cetek yang 70 cm lah kecipaj kecipuk. Nah semuanya berubah waktu dia diajak pergi ke OD Samudra, dan lihat penyelam kasih makan ikan sama main sama lumba-lumba, di hari berenang berikutnya, dia mulai mau celupin muka ke air, eh tiba-tiba pertemuan berikutnya udah bisa nyelam, sendiri, tanpa diajarin. Lucu ya.

Jadi kesimpulannya menurut saya sih, setahun dulu baru diliat apa bisa mulai diajak berenang serius apa gak, dan jangan dipaksa, kalau emang anaknya minat baru diarahkan. Atau dalam kasus Katya sih dimotivasi tepatnya 🙂

IMG_4218.JPG

IMG_4221.JPG

IMG_4219.JPG

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s