Bikin Sendiri PlayDough untuk Bermain di Rumah

Well tulisan ini dibuat sebetulnya didasari atas dua hal, pertama ini banyak banget ditanya sama orang-orang (jadi asumsinya lumayan banyak yang pengen tahu) dan yang kedua berdasarkan pengalaman ngeliat gimana Katya main setiap hari dengan mainan yang beda-beda, si PlayDough ini bisa jadi base yang bagus banget buat banyak versi mainannya. Bisa dibikin dasar tempelan huruf, dibikin fosil binatang, dibikin gunung berapi, banyak banget deh kayaknya dipake sama Reti buat bikin mainan. 

Nah karna penting dan strategisnya posisi playdough dalam dunia main bermain Katya, yang sangat demanding dan mudah bosan kalau mainannya gak challenging, cara bikin PlayDough ini udah beberapa kali di eksperimenin sama mamanya. Dan beruntunglah pembaca posting ini karena ini adalah versi revisi 3.0 yang dipastikan teruji tahan buat dipakai berkali-kali sampai satu bulan 🙂

Resepnya adalah perbandingan yang tepat antara tepung terigu, maizena, garam, dan air hangat. Masing-masing dibuat dengan proporsi 1 tepung terigu vs 1/2 maizena vs 1/2 garam vs 1/4 air hangat. Pertama yang disatukan adalah si bahan-bahan kering, air hangat masuk di bagian terakhir. Setelah jadi adonan besar, bisa dibagi ke bagian kecil-kecil dan dikasih warna masing-masing, biasanya sih pakai pewarna makanan tetes biar gak bahaya kalau adonannya kejilat atau malah kemakan (ini bahannya sebenernya kalau dipikir-pikir kayak adonan kue sih). 

Kalau setelah dimainkan disimpan di tempat yang kedap udara, pasti awet deh bisa sebulanan kayak Katya 🙂

Ini contoh mainan yang bisa dibuat dari bahan ini: 

IMG_4025 _DSC4759

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s