Belajar Berenang untuk Balita ala Katya

Well tulisan yang ini sebenernya agak hyphothetical karena baru sebagian yang udah bisa Katya jalanin. Nah topiknya kali ini adalah belajar berenang untuk balita.

Pada dasarnya, dari pengalaman dan beberapa literatur, langkah pertama untuk bisa berenang adalah membuat anak ini senang dulu buat bermain di air terlepas apakah itu cuma berendam, nyebur, atau sebagian mungkin sudah berani loncat ke air. Susah-susah gampang sih karna misalnya Katya aja kadang udah suka denger tentang tenggelam entah dari siapa. Tapi setelah nonton lumba-lumba di ancol, dia jadi semangat banget buat berenang πŸ™‚

Setelah itu tahap berikutnya adalah bikin si anak bisa mulai nahan nafas di dalam air. Seharusnya gak sulit buat yang umur 4-5 tahunan tapi buat yang lebih kecil harus agak hati-hati, kalau salah nanti malah trauma. Walaupun naturally mereka kalau dari kecil udah biasa nyemplung ke air sudah terbentuk refleknya. Katya sendiri baru-baru ini malah lagi bangga-bangganya bisa nyelam, yang agak mistis darimana dia belajar karna sebetulnya belum diajarin papa mama nya.

Kalau memang sudah bisa menyelam, dan tahan nafas, tahap berikutnya adalah meluncur. Biasanya ditarik oleh pelatih sambil dipegangi bagian perut agar tidak tenggelam. Atau bisa juga pakai papan seluncur. Kaki anak biar bergerak, jadi dia tau asiknya bisa meluncur di air dari satu sisi ke sisi lainnya.

Terakhir, yang paling ultimate adalah lepas semua support dan berenang sendiri. Anak bisa loncat dari pinggir kolam dan coba berenang sendiri ke sisi lainnya, atau di awal-awal biasanya dibuat jarak lebih pendek, berenang ke pelatih yang nunggu sekitar 5-10 meter jaraknya.

Kasus Katya, biar gak ada masalah malu atau perkenalan dulu, biar papanya aja deh yang ngelatih 😎

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s