Dusun Bambu Family Leisure Park

Bandung banyak diinget orang karna beberapa hal, dari suhunya yang dingin – sebagian bilang udah gak tapi percayalah waktu jaman kuliah tahun 2007an, disaat ada tugas yang harus dikumpul jam 6 pagi, suhu deket-deket Dago masih 15 derajat berdasarkan display yang dulu sempet ada di jalan Cikapayang. Atau yang lain, surga kuliner, emang dimana-mana sekarang isinya kafe dengan tema dan keunikannya masing-masing (sekarang yang keliatannya lagi laku banget sebuah kafe Seafood di depan Pusdai, pengen coba deh kapan-kapan). Yang pasti, rasanya masih  natural, banyak daun, banyak pohon, banyak ruang terbuka buat Katya bisa lari-lari main-main.

Nah kalau pengen lihat cerminan dari tiga hal diatas, dikombinasikan jadi sebuah tempat wisata, walaupun sebetulnya lokasinya bukan di kota Bandung=nya banget, datanglah ke tempat wisata sekaligus tempat makan dan menginap yang namanya Dusun Bambu. Lokasi tepatnya di wilayah Cisarua (bukan Cisarua Bogor ya). Untuk kesana kita mengarah ke Setiabudi, lanjut sampai ke atas dimana di sebelah kanan akan ada Terminal Ledeng, belok kiri ke Jalan Sersan Bajuri, lurus terus agak jauh sampai nantinya lewatin Villa Istana Bunga, lanjut sedikit sudah sampai tujuan. Gak perlu terlalu khawatir karna lokasinya juga sudah tercantum di Waze (GPS free buat iOs dan Android yang recommended banget karena lengkap dan lebih akurat positioningnya dibanding software GPS sejenis). Kurang lebih kalau jalanan normal sekitar satu jam dari keluar tol Pasteur.

Pertama masuk pengunjung harus membayar 10 ribu per orang ditambah 10 ribu untuk mobil. Kenapa bayar di awal, karna kalau sudah masuk kita langsung bisa menikmati sajian alam disana, walau tanpa membeli makanan. Sekedar gambaran, lokasinya sendiri ada di tengah hutan pinus, dimana hari ini suhu udaranya 22 derajat (di jam 3 sore lho). Ada sungai kecil, sawah lengkap sama bebeknya, hamparan padang rumput, sampai track untuk jogging atau main sepeda. Kalau lihat di websitenya sih ada juga tempat farming, plus tempat camping nya tapi kemaren kita belum sempet coba cari lokasinya.

Sampai lokasi, untuk yang ingin makan ada dua opsi. Bisa ikut mobil antar jemput yang disediakan atau jalan kaki menyusuri sawah sekitar 500 meter, tapi nanjak ya konturnya lewatin sawah-sawah.

Makanan yang disediakan modelnya seperti food court. Kita tukar uang dengan kupon lalu pilih deh mau beli apa, dari kerak telor, tahu gejrot, bakso, sampai sate kelinci ada disana. Acuan harga ya satu porsi sate ayam 35 ribu rupiah. Tempat makannya sendiri ada yang berupa meja biasa, ada bentuk meja outdoor, atau kalau beruntung dan mau rajin reservasi kita bisa makan di private room berbentuk bird nest yang ada disana – bird nest ini kayaknya attraction yang paling uniknya disana, banyak banget yang ambil foto, sekedar liat, bahkan Katya agak ngotot pengen masuk ke dalam bird nestnya.

Mainan buat anak gak usah khawatir, dari becak mini, sepeda, kincir angin, sungai, danau lengkap dengan perahu, sampai balon udara ada disana. Tempat mainnya juga luas dan bersih, layoutnya bagus, interiornya juga berkualitas plus rapi ngerjainnya – seneng deh lihatnya.

Sisi pelayanan dari desain sangat bagus dan menarik, misalnya untuk mobil jemput , disediakan area yang memang didesain untuk memaksa orang-orang antri dengan baik dan benar (pasti nanti ngerti maksudnya pas udah kesana lihat sendiri). Sayangnya pelayan dan pramusajinya kayaknya agak overload (kami datang Sabtu sore, mungkin karna peak juga kali ya), plus sistem voucher yang masih kertas dengan nominal tertentu agak menghambat sih di jual beli – entah karna susah cari pecahan kembalian atau karna kurang dan harus tuker lagi. Mungkin bisa coba metode kartu debit kayak beberapa food court di Jakarta.

Overall, tempat mainnya enak banget buat anak kecil, one of the greatest khususnya buat yang suka wisata alam kayak Katya. Sayangnya lokasi agak jauh plus pelayanan masih ada space buat ditingkatkan. Kalau boleh nambah usul, kasih binatang-binatang buat nambah attraction, yang pasti bakal narik Katya sih 😛

Advertisements

One Comment Add yours

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s