Multilingual Skill di Masa Golden Year (Twinkle twinkle little star case)

Saat ini, di Jakarta, atau mungkin di Indonesia, muncul satu trend baru yang menarik, yaitu munculnya anak-anak balita yang fasih berbahasa Inggris dalam percakapan sehari-hari, bahkan kadang-kadang dalam percakapan mereka dan suster/baby sitter-nya. Saya pribadi angkat topi untuk orang tua yang berhasil mendidik anaknya untuk bicara dua atau lebih bahasa, karna di prakteknya itu agak sulit – at least di kasus Katya.

Secara teori, kalau tidak hati-hati impactnya anak akan terjebak dalam semi-linguisme, artinya dia tidak sepenuhnya menguasai bahasa yang diajarkan, karena bingung terlalu banyak kombinasi kata dari dua bahasa tersebut, akhirnya kemampuan bahasanya tanggung ataupun campur aduk. Walaupun ada juga teori lain yang mengatakan otak anak di masa prima nya – atau beberapa menyebut golden year – masih belum punya batasan, sehingga potensinya itu juga bisa dimanfaatkan untuk pembelajaran bahasa yang maksimal.

Mungkin video ini bisa juga buat memberi paradigma baru sih, karena Katya sebetulnya gak di kasih exposure di bahasa Inggris kecuali beberapa yang simple kayak thank you, come on, atau no no no (sambil jari telunjuk di goyang-goyang karna lihat pose papanya kalau ngelarang dia melakukan sesuatu pas masih kecil). Tapi dengan denger lagu-lagu, ternyata kata-katanya bisa di serap dan di hafal juga walaupun dia gak ngerti artinya, mungkin ini yang namanya potensi golden year ya.

PS: Katya nyanyi duet sama Aldi Muslim, seorang temen yang nyanyi ini di masa kelamnya Tugas Akhir beberapa tahun lalu 😛

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s