Layanan PT. Kereta Api yang Wow Sekarang

on

Siang ini saya duduk ditemani segelas capucino, di sebuah gerai kopi di stasiun Gambir. Sambil menunggu kereta yang masih satu jam lagi, mata ini rasanya kagum lihat gimana stasiun ini berubah dibanding beberapa tahun yang lalu. Terus terang dulu saya yang tinggal di Bandung sering sekali menggunakan kereta api untuk pergi ke Jakarta, yah memang cukup lama kali ya waktu berjalan, waktu itu belum ada namanya jalan tol yang membuat Bandung Jakarta bisa dilibas dalam dua sampai tiga jam pakai travel yang harga tiketnya sama dengan kereta tapi lebih reliable (setidaknya dalam asumsi saya) dalam hal jadwal dan keberangkatan. Saking lakunya kereta Parahyangan saat itu, saya ingat kalau kami akan pulang dari Jakarta ke Bandung, ayah saya harus antri beberapa jam di depan loket untuk mendapatkan tiket untuk kami semua yang sabar menunggu di warung stasiun sambil menyantap pop mie. Nostalgic. 

Nah walaupun sekarang saya lebih banyak travel dengan pesawat, karena kebutuhan waktu, dan culture di perusahaan, tapi untuk beberapa daerah (seperti Tegal, tujuan saya saat ini) belum terjangkau oleh rute pesawat. Akhirnya mau tidak mau, dengan bayangan kurang baik tentang kereta – yang konon ngaret, kurang nyaman, susah tiket, saya memang tidak punya pilihan lain kecuali menumpang kereta api Sindoro atau Sembrani untuk tiba disana. 

Pertama-tama saya buka website Kereta Api, untuk tahu update terbaru tentang jadwal, tiket, dan info lainnya, maklum bisa dibilang saya buta tentang kereta api sekarang. Cukup mengejutkan karena disana tertera lho seluruh jadwal secara real time, dimana kita juga bisa cari kereta apa yang kita inginkan, tujuan kemana, dan status book nya hingga saat ini – penuh atau masih available. Lebih seru lagi, ternyata PT. Kereta Api sudah menyediakan sarana untuk book tiket online seperti maskapai pesawat terbang. Bekerja sama dengan tiket.com salahsatu perusahaan travel online, kita tinggal memilih jadwal, mengisi data, dan membayar bisa via ATM, kartu kredit, atau via layanan internet banking beberapa bank. Tidak sampai 5 menit setelah selesai, tiket pesanan online akan masuk ke email pribadi kita. 

Namanya baru ya, setelah dapat tiket pesanan saya baru sadar bahwa gak seperti pesawat terbang yang bisa langsung dipakai masuk, disitu ditulis bahwa tiket pesanan ini harus ditukarkan lagi di stasiun. Wah gawat, jangan-jangan harus antri lagi berjam-jam di depan loket seperti yang terlihat di televisi menjelang lebaran.

Akhirnya dengan rasa was-was juga sih, saya berangkat ke Gambir di hari yang ditentukan. Di tiket tersebut ditulis bahwa penukaran tiket maksimal satu jam sebelum keberangkatan. Dan saya tiba disana sekitar satu setengah jam sebelum keberangkatan – lokasi gambir memang lebih bersahabat dan manage-able macetnya dibandingkan Soekarno Hatta. Ternyata tidak perlu susah payah antri di loket untuk mendapatkan tiket asli, tapi cukup input nomer booking kita di empat komputer yang disiapkan PT. KA di salahsatu sisi stasiun – tepatnya di dekat loket reguler. Masukkan kode, klik cetak, dan voila, tiket sudah ada di tangan. Jauh lebih mudah dan menyenangkan dibandingkan apa yang saya bayangkan sebelumnya. 

Karena semua sudah selesai, maka inilah saya sekarang – menghabiskan sisa waktu sebelum keberangkatan dengan menulis blog dari starbucks yang kini melengkapi beberapa tempat makan nyaman lainnya di area stasiun. Terimakasih PT. KA untuk perbaikan yang betul-betul memudahkan saya sebagai penumpang. 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s