Wisata Murah Meriah di Kebun Binatang Ragunan

Tiket Masuk : 3,500 per orang – ditambah tiket untuk wahana yang ada di dalam berkisar 2,500 – 20,000 per orang (anak dibawah 3 tahun masih gratis)
Kenyamanan : 3/5
Akses : 4/5
Profil Pengunjung : ini agak susah juga diisi, semua bisa ada disini dari yang latihan sepakbola anak, yang anak TK dharmawisata, sampai keluarga-keluarga yang mostly bawa balita dan anaknya. 

Image

Teman-teman, bisa dibilang saya termasuk yang agak skeptis dengan kebun binatang satu ini. Walaupun lokasinya di Jakarta, dekat dari tol, dan lebih tepatnya dekat juga dari rumah kami di kawasan pasar minggu – tapi pengaruh pemberitaan di media plus macetnya kawasan sana di weekend bikin kita agak gimana gitu rasanya mau kesana. Yang terbayang awalnya adalah kebun binatang yang seadanya, penuh, sumpek, dan gak nyaman untuk anak khususnya. 

Tapi beberapa minggu yang lalu akhirnya saya, istri, dan anak mencoba untuk kesana – yah tebak tebak buah manggis, kalau memang kurang kondusif nanti kan bisa diarahkan ke yang lain. Sengaja kita pilih hari diluar weekend dengan asumsi kondisinya akan tidak se ramai weekend. 

Kesan pertama ketika masuk wilayah parkiran, lumayan oke servisnya – di depan kami dilayani oleh relawan sepertinya, anak berbaju pramuka mungkin kisaran usia SMP (jadi inget masa muda dulu :P). Biaya parkir 6,500 per mobil. Lahan parkirnya luas banget, dan gak cuma satu, karena ragunan punya beberapa pintu, ada utara dan timur yang kami pernah coba. Untuk lahan parkir utamanya, parkir utara, lahannya paling luas tapi juga agak penuh walaupun weekdays – sebabnya karena banyak juga orang yang parkir mobilnya disitu untuk kemudian naik busway – maklum si haltenya kan pas di depan ragunan. 

Masuk ke dalam, koleksi binatangnya lumayan banyak – walaupun gak ada jerapah yang selalu jadi favorit katya. Ada binatang besar-besar seperti gajah, unta, kerbau etc – ada juga unggas, dan primata. Nah untuk si primata ini ada komplek nya sendiri yang kita bisa masuk kalau memang mau – saya agak lupa tulisannya gimana tapi nama tempat primatanya kalau gak salah Smutzer Primate Center. 

Buat Katya – terus terang kebun binatang ini ternyata cukup berkesan, karena disitu ada lumayan banyak binatang, dia juga sempet naik unta sama mamanya (kalau gak salah biayanya 15,000), sempet juga mau naik kuda poni tapi ternyata dia agak takut jadi kita cancel. Disana juga ada mainan koin plus kereta api yang bisa antar anak-anak dan pengunjung keliling komplek dengan tarif 7,500 per orang. Harganya reasonable, dan kayaknya cukup tepat sasaran untuk anak-anak yang datang. 

Sayangnya namanya juga tempat sejuta umat, kayaknya petugasnya agak overwhelmed – ditambah mungkin disiplin pengunjungnya juga yang agak kurang ya, jadi agak berantakan (dimana-mana banyak orang duduk gelar tikar sambil makan atau ngobrol) dan sampahnya cukup kelihatan disana sini.

Tapi biarpun ada minusnya, sejak saat itu kebun binatang ini jadi idola kami buat trip singkat di hari libur kejepit atau misal lagi cuti – weekend juga sekali-sekali kalau memang ada waktu pernah kita coba kesana – dan betul sih lebih penuh dari weekdays. Termasuk visit terakhir sama kakek neneknya Katya, yang dateng ngasuh disaat pembantu cuti, keliatan dong di fotonya gimana sumringahnya muka si bayi 2 tahun ini. 

Mudah-mudahan ke depannya bisa lebih nyaman lagi – apalagi buat kebun binatang yang lokasinya di ibukota 🙂

Image

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s