Nyamannya Perpustakaan Rimba Baca Jakarta

Tiket Masuk : 30,000 per keluarga (untuk sekali kunjungan) atau 350,000 untuk setahun membership (plus bisa pinjam 5 buku per minggu)
Kenyamanan : 5/5
Akses : 4/5
Profil Pengunjung : Keluarga muda, mostly membawa anak-anaknya.

Image
Dari kecil saya suka sekali dengan yang namanya membaca buku, mungkin jaman SD dulu yang saya ingat di perpustakaan SD banyak buku cerita yang bisa dipinjam gratis (entah kenapa ada satu yang saya ingat sampai sekarang, judulnya sepatu usang yang tak sudah dijahit), pulang sekolah biasanya saya naik ke genteng rumah untuk cari tempat nyaman membaca 2-3 buku yang saya pinjam. Diluar sekolah, saya pun penggemar komik, even sampai sekarang dimana saya masih tunggu komik Detektif Conan volume 78 yang belum juga dirilis Gramedia 🙂

Beruntungnya saya, ternyata istri saya pun tipe yang suka membaca – walau bacaannya lebih serius sih, semacam buku-buku psikologi, atau teori-teori pendidikan anak – maklum lulusan psikologi dan emang kayaknya rajin anaknya. Alhasil Katya – anak kami – jadi anak yang ‘diakrabkan’ dengan buku, dari kecil lumayan banyak buku-buku yang dibacakan mamanya menjelang tidur atau saat main. Mungkin asumsi papanya aja, tapi kayaknya Katya juga cukup menikmati baca, diceritain, dan menceritakan kembali isi buku-buku mungil lucunya.

Nah weekend kemarin, kita coba ke satu perpustakaan swasta yang lokasinya di belakang RS Fatmawati Jakarta Selatan – tepatnya di Jalan RSPP no 21B. Rimba Baca namanya. Awalnya yang kebayang mungkin tempat yang banyak mainan anaknya dengan koleksi buku anak lah, standar tempat-tempat anak di Jakarta – apalagi lokasinya juga kan memang rumah biasa. Ternyata, wow, setelah buka pintu dan masuk ke dalam, itu tempat baca, kongkow, main, ataupun beraktifitas paling cozy dan artistik yang pernah saya datangi sejauh ini.

Bentuknya rumah, yang tidak ada kamarnya, jadi kurang lebih di blong ruangannya dua lantai dengan desain arsitektur yang keren abis. Lantainya kayu parquet, rak bukunya bersih, even ada halaman belakang yang ada kura-kura dan ikannya (ini kesukaan Katya buat lihat binatang). Sofa-sofa nyaman, classy, disediakan untuk yang membaca disana – termasuk meja-meja kayu rendah untuk anak-anak yang bisa membaca sambil lesehan di lantai bawah.

Koleksi bukunya lengkap di cluster dari untuk umur 0-3 tahun, 4-6 tahun, dan diatas 9 tahun di lantai bawah – di lantai atas ada section untuk dewasa yang dari komik sampai buku novel-novel serius ada disitu – yang agak nerd misalnya mau cari ensiklopedia juga ada disana.

Untuk melengkapi itu semua, di pojok bangunan ada satu ruangan khusus untuk tulis menulis, cat, melukis, dan semua aktifitas anak sampai level SMP mungkin ya. Kertas, krayon, pensil warna, semua disediakan free untuk dipakai.

Saking kagumnya saya coba tanya sedikit tentang RImba Baca ini ke mas penjaganya. Katanya rumah baca ini dibuat oleh pemiliknya yang bernama bu Fitri, seorang lawyer yang umurnya sekitar 35 tahun. Karena pernah berdomisili di Belanda, dan sangat suka baca – beliau membuat tempat ini, untuk membantu anak-anak (dan dewasa juga sih) membaca dengan kondisi yang nyaman dan menyenangkan. Salam hormat dan terimakasih saya untuk beliau kalau suatu hari beliau baca tulisan ini.

Pokoknya tempat yang sangat recommended banget – dan saya yakin pasti jadi surga buat yang suka membaca 🙂

Advertisements

2 Comments Add yours

  1. mfirmanshah says:

    Papa Katya, tengkiu atas ulasan rimba bacanya, insyaAllah kami akan kesana besok.
    Senang sudah diberi waktu untuk mampir di rumah nya ini.

    1. harimuji says:

      Sama-sama mas mfirmasyah 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s