Berbagi bersama Panti Asuhan Bayi dan Balita Tunas Bangsa Cipayung

Tiket Masuk : –
Kenyamanan : 3/5 
Akses : 4/5
Profil Pengunjung : Mahasiswa, atau pekerja muda yang datang untuk berbagi dengan anak-anak panti. 

Saya bukan orang yang mengerti secara teori psikologi atau dari sisi agama tentang kapan sebaiknya anak diajak berbagi dengan teman-temannya yang kurang mampu, tapi secara naluri sepertinya anak harus diasah juga sisi empatinya, sisi dimana dia juga bisa melihat the other side of life, yang dijalani beberapa temannya yang kurang beruntung.

Gak harus lewat acara serius dan persiapan yang ekstra sih, kadang-kadang ajak dia kasih uang ke pemulung di jalanan, atau kasih permen ke pengamen cukup buat trigger beberapa pertanyaan halus, pendapat baru, perspektif beda, dari si anak tentang kehidupan teman-temannya yang di jalan itu – semacam: kakaknya tidur di jalan ya? pas lihat pengemis tidur di trotoar jalan – terlepas ingat atau gak beberapa tahun lagi.

Nah karena kemarin Katya juga baru ulang tahun, kami dan beberapa rekan berniat menyempatkan diri untuk datang ke panti asuhan Tunas Bangsa Cipayung. Panti asuhan ini khusus untuk bayi dan balita (kalau gak salah sampai umur 6 tahun) yang terakhir kemarin menampung sekitar 80 orang anak.

Gedungnya lumayan bagus, baru renovasi tahun lalu kalau gak salah, dengan tempat parkir yang memadai untuk sekitar sepuluh mobil. Lokasinya di Jalan Raya Bina Marga no 79 Cipayung. Kalau teman-teman dari JORR Pasar Minggu arah ke Cikunir, bisa keluar di pintu tol Cipayung/Ceger, puter balik, langsung masuk kiri ke belokan arah cipayung tepat setelah lewatin gerbang tol – jalan lurus aja ke arah cipayung sampai ketemu komplek Grand Bima Mansion (kalau ketemu komplek itu berarti kelewatan – karna lokasi pantinya persis sebelum komplek di sebelah kiri hehe).

Acaranya sederhana sih, kita ingin kesana, ajak teman-teman itu baca buku cerita, plus nyanyi-nyanyi bareng modal gitar klasik kesayangan. Kebetulan ada 6 orang teman yang ikut join juga. Dan gak kerasa satu jam acara, walau agak chaos dikit karena antusiasme anak-anak itu (sekitar 40 orang anak umur 2-5 tahun yang ikut acara) luar biasa, seneng juga sih lihat dan ngobrol sama teman-teman baru itu. Denger celetukan. Atau denger cerita out of nowhere mereka tentang spiderman.

Tapi untuk yang misalnya kesana ingin bawa balitanya, mungkin harus dijaga kondisi anaknya – jangan misalnya pas lagi sakit atau agak lemes dibawa kesana – karena anaknya kan banyak, dan beberapa mungkin sedang sakit dengan resiko penularan ke anak-anak lainnya.

Pengalaman berkesan untuk kami, mungkin belum begitu bisa dimengerti Katya sih – mudah-mudahan bisa diulang di masa-masa mendatang.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s