Serunya Melihat Indonesia di TMII

Tiket Masuk : 10,000 IDR per orang diatas tiga tahun + 10,000 IDR per mobil
Kenyamanan : 4/5 (weekdays)
Akses : 5/5
Profil Pengunjung : Kebanyakan orang tua yang bawa balita – sebagian besar membawa keluarga besar untuk sekalian tamasya

Taman mini Indonesia Indah (TMII), nama lengkapnya. Sebuah kawasan super luas yang dibangun untuk menjadi miniatur Indonesia di tahun 1975. Lokasinya tidak jauh dari tempat tinggal kami di kawasan Pasar Minggu Jakarta, tapi terus terang sebelum kemarin saya ajak Katya bermain kesana, kayaknya kok gak ada rasa tertariknya untuk ke TMII.

Dan akhirnya karna kemarin Jumat, waktunya pendek, saya putuskan lah untuk ajak Katya main ke sana. Lokasinya yang dekat dari tol gampang banget di akses dari berbagai arah di wilayah Jakarta, dari pusat bisa via jagorawi, dari selatan bisa via JORR, dari bekasi juga gak sulit lewat JORR. Dan di kawasan besar TMII ini selain si taman mini ternyata ada banyak museum yang bisa juga jadi objek wisata keluarga.

Biaya masuk ke TMII per orangnya 10,000 IDR. Berlaku untuk pengunjung diatas 3 tahun – artinya Katya gratis hanya papanya aja yang bayar. Untuk kendaraan – waktu itu kita pakai mobil – diminta charge sebesar 10,000 IDR. Jadi total 20,000 IDR untuk biaya tiket masuk kesana – murah lho dibanding biaya kebanyakan sarana wisata anak di Jakarta.

Dalam TMII juga luasnya minta ampun. Jalannya dirawat dengan baik, mulus, gak bolong-bolong. Kondisinya pun tertib, karna luasnya itu jadi dari satu tempat ke tempat lainnya kita pakai mobil dan parkir di dekat tempat yang diinginkan – parkirannya luas dan semua free – gak ada orang yang manfaatin suasana untuk minta uang parkir misalnya.

Buat yang memang ingin ajak anaknya serius belajar tentang Indonesia – disana disediakan anjungan dari semua provinsi di Indonesia, kayaknya waktu itu masih 27 provinsi including Timor Timur (dan Timor Timur ini masih ada anjungannya disana). Isi anjungannya ada rumah adat provinsi tersebut, di ukuran sebenarnya yang emang gede banget, dengan kualitas detail yang bagus, plus benda-benda khas provinsi-provinsi tersebut kayak baju daerah, alat musik, sampai warna dan corak khasnya. Penjelasan lebih lanjut nya bisa minta ke penunggu anjungan yang kebanyakan sepertinya anak magang usia sekolah.

Selain anjungan, buat yang anaknya masih happy joy-joy aja mainnya, kemarin katya masuk ke dua arena. Pertama arena istana anak-anak – yang biaya masuknya 10,000 IDR per orang diatas tiga tahun. Isinya disana istana besar kayak dongeng-dongeng disney plus mainan dari yang tradisional kayak wayang golek (di museumnya), perosotan ayunan besi warna-warni kayak di TK, carrousel dan bom-bom car, sampai kolam renang.

Selain itu ada juga Museum Komodo dan Reptil (kalau gak salah begitu namanya) yang tiket masuknya 15,000 IDR per orang diatas tiga tahun. Ini lebih menarik sih untuk anak usia dua tahunan kayak Katya – di dalamnya banyak buaya dari seluruh Indonesia (ada kali 10 jenis), termasuk biawak, ular, komodo, kura-kura, sampai Iguana. Tempatnya luas, rapi, gak bau, dan ada taman sentuh yang bikin Katya malu-malu sayang Ular sama Kura-kura kemarin (sayangnya gak ada fotonya karna kalo jalan berdua doang susah juga ambil foto sama video).

Dan yang paling menarik – tapi agak ngeri juga sih kalo buat saya pribadi – adalah kereta gantung. Harganya 30,000 IDR per orang diatas satu tahun, tapi puasnya minta ampun karna tracknya jauh banget – ada kali 15 menit lebih tripnya. Tempatnya dekat dari pintu masuk jadi pertama datang mungkin bisa coba ini dulu untuk lihat arena-arena di TMII ini dari atas.

Well, kemarin waktunya gak sempet buat explore semua – nanti mungkin ada tulisan kedua buat sarana lain yang belum di explore. Tapi yang pasti kita akan balik lagi sih kesana – soon.

_DSC2763

_DSC2734

_DSC2743

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s