Pengayom Satwa Ragunan

Tiket Masuk :

Kenyamanan : 3/5

Akses : 5/5

Profil Pengunjung : Pecinta binatang khususnya Kucing & Anjing – range usia gak terlalu spesifik.

Kayaknya hampir sebagian besar penduduk di Indonesia suka dengan binatang, dengan preferensinya masing-masing. Kucing, favorit untuk kebanyakan orang Indonesia, sementara hewan lainnya mungkin punya pecintanya masing-masing, yang kadang-kadang musiman, kalau gak salah sepuluh tahunan yang lalu sempat booming pelihara iguana, beberapa hewan kayak landak mini, marmut, hamster, juga sempet jadi primadona untuk beberapa saat.

Nah untuk yang sayang binatang, atau punya anak yang suka bilang “gemeeesh …” sambil tarik buntut kucing kayak Katya, tapi gak pengen pelihara hewan di rumah – karna satu dan lain hal – Pondok Pengayom Satwa (PPS) atau secara formal sekarang dinamakan Himpunan Penyayang Binatang bisa jadi solusi. Lokasinya di Ragunan, tepatnya Jalan Harsono RM no 10, untuk yang bawa mobil dari arah JORR Jagorawi bisa keluar di pintu tol Pasar Minggu, naik fly-over, di perempatan Departemen Pertanian belok kiri – sekitar satu kilometer belok kanan (arah ke SMP 41 Jakarta).

Masuk ke dalam wilayah PPS tidak dikenakan biaya, gratis, dan di dalamnya kita bisa lihat banyak sekali Anjing dan Kucing yang dalam masa perawatan dari pihak PPS. Sebagian dari binatang itu terlantar (dan bisa di adopsi untuk yang minat) dan sebagian lainnya memang titipan dari pemiliknya. Untuk rombongan, pengurusnya bisa bantu untuk membuat tur, sampai ke klinik, ketemu dokter hewan, tapi kalau untuk individu kita bisa masuk dan interaksi dengan hewan-hewan yang sehat. Areanya luas, hewannya banyak dan jinak, mungkin notes nya untuk yang pecinta kebersihan, disini agak sedikit ada bau khas binatangnya – namanya juga penitipan hewan ya.

Well saya kemarin belum sempat hitung sendiri sih, tapi kalau lihat data mereka per 2005 jumlah yang ditampung sekitar 140 ekor anjing (di 109 kandang dengan 6 petugas kandang) plus sektiar 130 ekor kucing (kandang besar dan 16 kamar kucing yang dijaga 2 petugas kandang).

Nah untuk yang lebih dari sekedar ingin main, pihak PPS juga sangat terbuka menerima donasi untuk hewan-hewan tersebut, bisa berbentuk dana, makanan, koran bekas, atau barang lainnya. Bisa datang langsung ke PPS atau via transfer ke nomer rekening 7530.317770 bank BCA atas nama PPJS Diah Sunarti Sulasmo. Untuk info lebih lengkap bisa juga lihat di http://www.pondokpengayomsatwa.com.

Advertisements

6 Comments Add yours

  1. rani says:

    kalo mau adopsi hewan disana gmn caranya? ada biayanya nggak?

    1. harimuji says:

      Gratis kok kayaknya mbak – tapi mungkin bisa contact langsung, atau lihat info di web resminya

      1. sachi ko says:

        pak bisa minta no konteknya tempat adopsinya?trims

  2. sachi ko says:

    @pakharimuji bisakah anda info saya alamat serta no telp tempat adopsi di atas 08111512005 sachi contact.terimakasih,saya ada 1 kucing mau pindah jadi tidak ada yg urus.

    1. harimuji says:

      Ada di websitenya mas – kira-kira kalau dari simatupang sekitar 1 km setelah belok kiri ke arah kebun binatang ragunan.

  3. sachi ko says:

    @pakharimuji bisakah saya minta no telp tempat adopsi saya ada 1 kucing mau kasih adopsikan.terimakasih 08111512005 sachi ini no telp saya tolong sms / wa no telp nya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s